Multimedia dapat
diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian
didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen
tersebut berupa : teks, gambar, suara, animasi, dan video.
Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi
informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan
video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik
secara linier maupun interaktif.
Berikut ini akan dibahas menenai elemen-elemen multimedia tersebut :
A. Audio (Suara)
Suara dapat lebih
menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound
effect), maupun suara asli (real sound). Beberapa macam authoring software
dapat mengkonversi suara seperti format .WAV, .MID (MIDI), .VOC ATAU .INS dan
dapat dihubungkan dengan sekuens dari animasi.Suara merupakan media komunikasi
informasi yang memanfaatkan telinga. Suara dalam computer disimpan dalam
file-file dengan format tertentu yang dipahami oleh program khusus untuk membuat
file tersebut berubah menjadi suara.Suara adalah fenomena fisik yang dihasilkan
oleh getaran benda getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan
amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu.
Suara berkaitan erat dengan:
(1) Frekuensi
Banyaknya periode dalam 1 detik
Satuan : Hertz (Hz) atau
cycles per second (cps)
Panjang gelombang suara (wavelength)
dirumuskan = c/f
Dimana c = kecepatan rambat bunyi
Dimana f = frekuensi
Berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi:
* Infrasound 0Hz – 20 Hz
* Pendengaran manusia 20Hz – 20 KHz
* Ultrasound 20KHz – 1 GHz
* Hypersound 1GHz – 10 THz
Manusia membuat suara dengan
frekuensi : 50Hz – 10KHz.
Sinyal suara musik memiliki
frekuensi : 20Hz – 20Khz
(2) Amplitudo
Keras
lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang.
Satuan amplitudo adalah decibel (db)
Bunyi
mulai dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 dB dan
pada
ukuran
130 dB akan mampu membuat hancur gendang telinga.
(3) Velocity
Kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar.
Satuan yang digunakan : m/s
Pada udara kering dengan suhu 20
°C (68 °F) maka kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s
Sistem
multimedia menggunakan suara yang berada dalam range pendengaran manusia. Suara
yang berada pada range pendengaran manusia sebagai “AUDIO”, dan gelombangnya
sebagai “ACCOUSTIC SIGNALS”. Suara diluar range pendengaran manusia dapat
dikatakan sebagai “NOISE” (getaran yang tidak teratur dan tidak berurutan dalam
berbagai frekuensi, tidak dapat didengar manusia).
Suara
adalah suatu media unik bila dibandingkan dengan media lain yang menjadi elemen
multimedia. Bila bekerja dengan menggunakan suara dalam multimedia, sudah pasti
akan ditemui suara yang diubah dalam bentuk digital. Adanya penggunaan suara
dalam aplikasi multimedia akan menambah daya tarik bagi user karena informasi
yang ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan menyenangkan. Dalam aplikasi
windows terdapat dua tipe standar suara yang umum digunakan yaitu tipe WAVE dan
MIDI. Di bawah ini adalah
tabel yang berisi contoh dari tipe format file suara :
Software & Tipe
Format Suara pada Komputer
Audio Interchange File Format (*.aif,*.aiff)
CDAudio (*.cda)
logicVOX ADPCM (*.vox)
InterVoice (*.ivc)
MPEG (*.mpg,*.mpeg,*.m1a,*.m2a)
Sonic Foundry wave64
(*.w64)
Sound Designer 1
(*.dig,*.sd)
Wave (Microsoft)
(*.wav)
NEXT/SUN(Java)
(*.au,*.snd)
Sonic Foundry Audio
(*.sfa)
MP3 Audio (*.mp3)
Windows Media Audio
(*.wma)
OggVorbis (*.ogg)
Scott Studios Wave
(*.wav)
Sonic Foundry PCA
(*.pca)
B. Image ( Gambar )
Secara umum, image atau
grafik atau gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan
informasi. Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu
obyek, dalam pandangan 2D ( Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera, kaca,
lensa, teleskop ) atau 3D.Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan
nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang
telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit). Titik dimana
suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel). Nilai intensitas
warna pada suatu pixel disebut gray scale level.
Ø
1 bit = 2 warna (0 - 1)
Ø
8 bits = 256 warna (0 - 255)
Ø
16 bits = high color ( 65.536 warna )
Ø
24 bits = 224 true color (16 juta warna)
Format gambar digital memiliki 2 parameter,yaitu :
Ø
Spatial resolution didasarkan pada pixels X
pixels
Ø
Color encoding didasarkan pada bits / pixel
Gambar
merupakan salah satu elemen terpenting dalam multimedia, sebab sebagian besar manusia
bahkan hampir semua manusia selalu berorientasi terhadap visual. Berdasarkan
penglihatan manusia dapat merepresentasikan satu gambar menjadi suatu ungkapan
yang dapat mewakili seribu kata. File gambar dikenal dengan nama image dan
format gambar di komputer antara lain adalah BMP, JPG, GIF, TIF, WMF dan
lain-lain. Di bawah ini dijelaskan macam-macam format file gambar yang terdapat
di komputer secara lebih lengkap :
Tipe Format File Gambar Pada
Komputer.
PhotoShop (*.PSP,
*.PDD) RAW (*.RAW)
Bitmap (*.BMP, *.RLE,
*.DIB) ScitexCT (*.SCT)
CompuServeGIF (*.GIF)
Targa (*.TGA, *.VDA, *.ICB, *.VST)
PhotoShop EPS (*.EPS)
TIFF (*.TIF, *.TIFF)
PhotoShop DCS 1.0
(*.EPS) Wirreless Bitmap (*.WBMP, *.VBM)
PhotoShop DCS 2.0
(*.EPS) PhotoCD (*.PCD)
JPEG (*.JPG, *.JPEG,
*.JPE) Pict File (*.PCT, *.PICT)
GenericPDF (*.PDF,
*.PDP, *.AI) Pixar (*.PXR)
Gambar
dapat dihasilkan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan cara men-scan
(menangkap gambar dengan sebuah alat optik yang memantulkan sinar infra merah
terhadap suatu objek). Gambar tersebut dapat berupa foto atau sketsa gambar
yang yang dirancang sendiri dengan menggunakan komputer. Tampilan gambar
dibedakan berdasarkan tempat penyimpanan sekunder, kerapatan mutu gambar dan
banyak warna dalam sebuah gambar atau objek dua dimensi yang dihasilkan.
Contoh
dari aplikasi pengolahan gambar yang terkenal dan banyak yang beredar antara
lain Paint, Corel Draw, Auto Cad, Corel Capture, CorelR.A.V.E, CorelTRACE,
Duplexing Wizard, Adobe PhotoShop, dan Corel Photo Paint
C. Video
Video
adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan
menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal
elektronik, atau media digital.Terdiri dari full-motion dan life-video.
Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip, sedangkan
live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera.Digital video
adalah jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital
dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Biasanya digital
video direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc,
misalnya VCD dan DVD. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan
video digital adalah camcorder, yang digunakan untuk merekam gambar-gambar
video dan audio, sehingga sebuah camcorder akan terdiri dari camera dan
recorder.Video digital memiliki keuntungan:
Ø
Interaktif
Video
digital disimpan dalam media penyimpanan random contohnya magnetic/optical disk. Sedangkan video
analog menggunakan tempat penyimpanan sekuensial,
contohnya magnetic disc/kaset video. Video digital dapat memberikan respon waktu yang cepat dalam mengakses
bagian manapun dari video.
Ø
Mudah dalam proses pengeditan
Ø
Kualitas
Sinyal
analog dari video analog akan mengalami penurunan kualitas secara perlahan karena adanya pengaruh kondisi atmosfer.
Sedangkan video digital kualitasnya dapat diturunkan
menggunakan teknik kompresi.
Transmisi dan distribusi mudah
karena dengan proses kompresi
Maka video digital dapat disimpan
dalam CD, ditampilkan pada web, dan ditransmisikan melalui jaringan.
Aplikasi video pada multimedia
mencakup banyak aplikasi, yaitu :
1.
Entertainment : roadcast TV, VCR/DVD recording
2.
Interpersonal :
video telephony, video conferencing
3.
Interactive :
windows
Video dapat disimpan dalam bentuk
file yang berformat film misalnya AVI, DAT, dan MPEG.
D. Animasi
Animasi
berarti gerakan image atau video seperti gerakan orang yang sedang melakukan
sutau kegiatan, dll. Animasi berarti
membuat gambar bergerak, Contoh animasi adalah film kartun. Pembuatan animasi
tergantung pada teknologi computer grafik, dapat berupa frame-based atau
cast-based.Frame-based animation (animasi berbasis frame) dibuat dengan
merancang setiap frame tersendiri sehingga mendapatkan tampilan akhir,
sedangkan Cast-based animation (animasi berbasis cast) mencakup pembuatan
kontrol dari masing-masing objek (kadang disebut cast member atau actor) yang
bergerak melintasi background. Hal ini merupakan bentuk umum animasi yang
digunakan dalam game dan object-oriented software untuk lingkungan Window. Jenis-jenis
Animasi :
(1) Animasi Cel
Kata Cel berasal dari kata
“celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar
bergerak pada tahun awal animasi.Biasanya digambar dengan menggunakan tangan
(hand-drawn animation). Animasi
cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal.
Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan
latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.
Misalnya seorang animator
akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama dia akan menggambar
latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya,
kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat, dan akhirnya
karakter ketika kaki dilangkahkan. Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional.
(2) Animasi Frame
Animasi frame adalah bentuk
animasi paling sederhana. Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang
berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku
tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan
bergerak.Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal
24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.
(3) Animasi Sprite
Pada animasi sprite, gambar digerakkan
dengan latar belakang yang diam. Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri,seperti
misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo
yang berputar.Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari
layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang
ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.
(4) Animasi Path
Animasi path adalah
animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai
lintasan.Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung
dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.Pada kebanyakan animasi
path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus
menerus.
(5) Animasi Spline
Spline adalah representasi
matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus
melainkan berbentuk kurva.
(6) Animasi Vektor
Vektor adalah garis yang
memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.Animasi vektor mirip dengan animasi
sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor
menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
(7) Animasi Character
Animasi karakter biasanya
terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak
bersamaan. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited.Contoh film
kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.
E. Teks
Teks merupakan Data yang
terdiri dari karakter-karakter yang menyatakan kata-kata atau lambang-lambang
untuk berkomunikasi oleh manusia dalam bentuk tulisan.
Teks merupakan bentuk dasar dari penyajian informasi dan mempunyai atribut
berupa bentuk dan ukuran.Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan
hypertext, auto-hypertext, text style, import text dan export text. Jenis-jenis
Teks :
1) Plain Text (Unformatted
Text)
Teks adalah data dalam
bentuk karakter.Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code
for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni.
Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal =
0-127). Contoh plain text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan
notepad (.txt).Plain Text berjenis MIME text/plain.Teks file tidak
terenkrispsi, tidak mengandung embedded information, seperti informasi font,
tidak mengandung link, dan inline-image.
Terdapat perbedaan
antara format plain text di Windows dan UNIX. Di Windows, akhir baris ditandai
dengan Carriage Return/CR + Line Feed/LF (\13\10) sedangkan di UNIX ditandai
dengan Line Feed/LF (\10) saja.
2) Formatted Text (Rich Text Format)
Serangkaian
karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat
kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf).Pada Wordpad plain teks telah
diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu
sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna, diganti font,
dan lain-lain.Terdapat 2 jenis formated text, yaitu bitmapped fonts dan outline
fonts.
3) Hypertext
Diperkenalkan oleh Ted
Nelson (1965). Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking. Contoh
hypertext :
Ø
HTML
: Hypertext Markup Language
Ø
XML :
eXtensible Markup Language
Software teks yang dimungkinkan yaitu :
Microsoft Word, Power
Point, Corel Draw , dan sebagainya .
Thank's to :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar